Jumat, 07 April 2017

PERANCANGAN DAN PEMBUATAN PERANGKAT LUNAK TRACKING ARMADA TRANSPORTASI LOGISTIK DENGAN MEMANFAATKAN BASE TRANSCEIVER STATION DAN PERALATAN HANDPHONE



JUDUL PENELITIAN
PERANCANGAN DAN PEMBUATAN PERANGKAT LUNAK TRACKING ARMADA TRANSPORTASI LOGISTIK DENGAN MEMANFAATKAN BASE TRANSCEIVER STATION DAN PERALATAN HANDPHONE
  
NAMA PENULIS
Ghozali Khakim, Fajar Baskoro, Keke Mulia Rahmawati

NAMA JURNAL
JUTI: Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Vol 5, No 1 Januari 2006 page. 7-12
Publisher: Teknik Informatika, ITS Surabaya

LATAR BELAKANG MASALAH
Tracking atau pelacakan sebuah obyek merupakan salah satu topik penting dan bermanfaat bagi pengembang bisnis logistik saat ini. Perusahaan logistik yang dilengkapi dengan sistem tracking armada bisa menjadi kekuatan andalan dan sumber keuntungan bagi perusahaan. Dengan adanya monitoring
ini diharapkan, barang yang dikirim dapat diketahui keberadaannya, mengurang resiko kehilangan barang, mudah dimonitor, keamanan, pelanggan bisa mendapat pelayanan lebih dengan informasi yang diinginkan, dan peningkatan kinerja sehingga diharapkan pada akhirnya dapat memperkecil biaya yang dikeluarkan. Cukup dengan membawa handphone seorang pemilik barang dapat melakukan pengecekan sewaktu-waktu dan dimanapun berada posisi barang yang dikirim

MASALAH/PERTANYAAN PENELITIAN
 Permasalahan yang dibahas dalam makalah ini adalah:
1. Bagaimana membuat suatu sistem yang informatif dan representatif dalam hal penyajian informasi tracking armada via BTS.
2. Bagaimana memperoleh informasi lokasi armada dengan menggunakan fasilitas provider seluler yang memanfaatkan Base Transceiver Station untuk memperoleh data lokasi armada berdasarkan regionnya serta mengolah data yang didapatkan dari keterangan BTS tersebut kedalam gambar peta lokasi armada.
3. Bagaimana menyajikan informasi yang bisa diakses oleh perusahaan logistik maupun oleh pelanggan baik via web maupun via SMS.

TUJUAN PENELITIAN
Tujuan akhir makalah ini adalah untuk membuat suatu perangkat lunak yang mampu melacak wilayah posisi armada, dengan memanfaatkan Base Transceiver Station dan peralatan Handphone untuk mengoptimalkan manajemen transportasi logistik suatu perusahaan.

METODE PENELITIAN
Metodologi dalam penelitian ini dilakukan melalui :
Melakukan Tinjauan Pustaka
Dalam melakukan penelitian, agar hasil yang didapat nantinya sesuai dengan harapan, penulis memerlukan wawasan yang lebih luas terkait dengan logistik, BTS, tracking system, sehingga data yang dihasilkan akurat.
Observasi 
Cara pengumpulan data dengan melakukan pengamatan dan pencatatan secara cermat disebut dengan observasi. Tahapan ini dilakukan di seluruh bagian yang berkaitan dengan obyek penelitian, dimulai dari siapa saja user / pengguna yang akan menggunakan sistem ini
Wawancara dan Diskusi
Dalam metode wawancara, penulis melakukan pengumpulan data dengan cara berkomunikasi dan berdiskusi langsung dengan pelanggan, perushaan, pengemudi dan provider.
Analisa
Setelah memiliki dasar teori yang cukup dan data yang di dapat dari hasil uji coba yang sudah dilakukan, penulis melakukan analisayang didukung oleh data-dat yang sudah didapat sebelumnya.

HASIL PENELITIAN

1. Skenario 1
Pada uji coba kali ini akan diuji bila pelanggan datang dan melakukan transaksi baru dengan perusahaan logistik. Proses Buat Transaksi Baru Ketika pelanggan melakukan transaksi baru maka antarmuka transaksi baru adalah sebagai berikut:
 
Gambar  Potongan Antarmuka Data Barang Transaksi

2. Skenario 2
Pada uji coba kali ini akan diuji request perusahaan logistik kepada provider seluler untuk armada yang sudah diberangkatkan. Untuk permintaan posisi terbaru kepada provider seluler, pihak perusahaan logistik dapat mengatur waktu tiap berapa saat sekali. Dalam makalah ini penulis mengatur nya tiap beberapa menit sekali. Format SMS untuk mengirim ke provider sebagai berikut : WHERE [Kode Armada]. Adapun bentuk sms ke provider adalah sebagai berikut:
 
Gambar Potongan Antarmuka Laporan SMS Ke ProXL

status=1 menunjukkan pengiriman ke provider berhasil sedangkan status=0 menunjukkan pengiriman gagal. Adapun bentuk balasan dari provider sebagai berikut:
 
Gambar Potongan Antarmuka Laporan SMS Dari ProXL

3. Skenario 3
Pada uji coba kali ini akan diuji bila pelanggan mengirim SMS kepada pihak perusahaan logistik untuk melacak barangnya berdasarkan data transaksi yang dimiliki. Adapun format pengirimannya sebagai berikut : WHERE [Kode Transaksi] [Detil Transaksi].
 
Gambar Potongan Antarmuka Laporan SMS Dari Pelanggan

Sedangkan untuk notifikasi ke pelanggan adalah sebagai berikut :
Gambar Potongan Antarmuka Laporan SMS Konfirmasi Pelanggan

Bila format pengiriman pelanggan salah maka pelanggan akan menerima pesan kesalahan sebagai berikut

4. Skenario 4
Pada uji coba kali ini akan diuji bila Sopir mengirim SMS kepada pihak perusahaan untuk memberitahukan bahwa barang telah diterima. Format pengirimannya sebagai berikut : **[Kode Transaksi] [Detil Transaksi]
Gambar Potongan Antarmuka Laporan SMS Dari Pengemudi
Bentuk konfirmasi ke pengemudi bahwa sms sudah diterima oleh server perusahaan sebagai berikut


5. Skenario 5
Pada uji coba kali ini akan dicoba untuk melihat keberadaan armada dengan menggunakan Aspmap.
Gambar Potongan Peta lokasi Armada

Untuk informasi armada yang sedang beroperasi dapat dipilih menu show all yang ditunjukkan dalam gambar berikut:
Gambar Potongan Peta Show All

Sedangkan untuk Historis armada dapat dilihat pada menu Histori Armada berupa gambar:
Gambar Potongan Peta Histori Armada

REVIEW/KOMENTAR
Penggunaan software untuk tracking sistem ini sangat bermanfaat dan memiliki banyak keuntungan bagi perusahaan, dengan basis penggunaan BTS dan jaringan internet, sehingga kita bisa melacak keberadaan barang kita hanya melalui handphone, sangat praktis dan bisa dilakukan dimana saja. Akan tetapi dikarenakan sistem tracking akan akurat dan berfungsi dengan baik, jika sinyal internet kita stabil, dan lagi karena database nya sumber nya dari BTS,  jika pengirimian barang melewati daerah-daerah yang pelosok yang belum tersentuh internet ataupun tiang-tiang BTS yang masih jarang, sistem tracking ini kurang bisa diandalkan keakuratannya, bahkan tiddak bisa terlacak (dikarenakan sinyal jelek).
Saran yang bisa diberikan adalah bekerjasama dengan provider untuk lebih memastikan jalur-jalur transportasi yang akan kita pakai, dan kita bisa cek juga kira-kira provider mana yang memiliki BTS yang sesuai dengan jalur transportasi kita.

ABSTRAK JURNAL
Telepon Seluler (Ponsel) merupakan salah satu teknologi yang paling diminati di dalam setiap aspek kehidupan manusia modern dan juga teknologi paling berkembang saat ini. Hampir setiap orang menggunakan teknologi ponsel ini untuk memperoleh informasi terkini yang dibutuhkannya. Tingkat penggunaan yang cukup tinggi inilah yang mendorong terciptanya beragam aplikasi dengan memanfaatkan teknologi ini. Aplikasi tracking armada yang memanfaatkan kemudahan teknologi ponsel tersebut menjadi alternatif tersendiri yang diharapkan mampu memberikan solusi di dalam permasalahan proses monitoring armada. Konsep bisnis yang ditawarkan adalah pemanfaatan layanan provider seluler sebagai sarana pelacak lokasi ponsel yang selanjutnya informasi tersebut dikembangkan lebih lanjut menjadi informasi berupa pemetaan data ke peta lokasi untuk melacak keberadaan armada. Sehingga diharapkan kehadiran solusi baru ini mampu memberikan sejumlah kemudahan dan efisiensi yang tidak dimiliki oleh alat lain.

DAFTAR PUSTAKA
Ainscough, David G. “The Evolution and Future of Mobile Communication Systems”. 2001

Aryuni, Mediana. ”Perancangan dan Pembuatan Perangkat Lunak Pengaturan Perjalanan (Traffic)
Kereta Api Wilayah DAOP 8 Surabaya Berbasis Web Dengan Menggunakan Automatic Vehicle Location”. Makalah: Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknologi Informasi Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Surabaya. 2004

Debby, Nahl. “GSM Global System For Mobile Communication”. 2004

Heine, Gunnar. GSM Networks: Protocols, Terminology, and Implementation. Norwood, MA: Artech House, Inc., 1999

Khang, Bustam, “Trik Pemrograman Aplikasi berbasis SMS”, 2002, Penerbit PT Elex media Komputindo

Mobile Technology.http://www.mobilecomms-technology.com/projects/gsm

Natsui, Takato. “Location Based Service for the commercial purpose and protection of privacy.” Tokyo, 2002

Nugroho, Budi. “Perancangan dan Pembuatan Perangkat Lunak Simulasi Sistem Pembayaran Menggunakan Pulsa Handphone Sebagai Alat Pembayaran.”. Makalah: Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknologi Informasi Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Surabaya. 2004
Prasad. “Location Based Services”,2005

Shukla, Reena. “LBS, the ingredients and the alternatives”,2005

VDS Technologies. “AspMap Documentation”. http://www. vdstech.com / aspmap .htm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar